Berita & Acara
img-4

Memahami Sejumlah Karakteristik Gaya Belajar Linguistik Verbal!

25 June 2024

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan gaya belajar? Gaya belajar merupakan sebuah cara seseorang dalam menyerap, memproses, dan memahami informasi yang diberikan kepadanya.

Ternyata,  ada beberapa jenis gaya belajar yang dimiliki oleh setiap orang, salah satunya adalah gaya belajar verbal atau gaya belajar linguistik verbal. Bacalah artikel ini untuk melihat bahasan mendalam tentang karakteristik, cara mengasah, dan bagaimana cara menentukan gaya belajar mana yang cocok untuk Anda!

Baca Juga: Pahami Tipe Macam-macam Gaya Belajar dan Ciri-cirinya Pada Anak

Pengertian Gaya Belajar Verbal

Gaya belajar verbal dimaknai sebagai gaya belajar yang mengedepankan pemahaman dan ingatan informasi melalui penggunaan bahasa. Kemampuan ini umumnya menerapkan keterampilan membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan.

Seseorang dengan gaya belajar ini biasanya cenderung untuk lebih menyukai kata-kata, baik tertulis maupun lisan, dan cara mudah mereka menerima informasi adalah melalui interaksi verbal.

Karakteristik Gaya Belajar Linguistik Verbal

Seperti jenis lainnya, seorang pelajar dengan gaya belajar verbal juga memiliki sejumlah karakteristik yang mudah terlihat. Berikut adalah beberapa karakteristik yang dimaksud:

Kecintaan pada Membaca dan Menulis

Pertama-tama, seorang pelajar visual akan menggemari kegiatan membaca. Mereka sangat suka membaca buku, artikel, dan tulisan lainnya. Tak hanya itu, pelajar dengan tipe belajar ini sering juga menulis cerita, jurnal, atau catatan. 

Keterampilan Berbicara yang Baik

Kedua, mereka terbiasa untuk berbicara di depan umum dan mampu menjelaskan suatu  konsep dengan jelas dan terperinci. Dengan adanya keterampilan berbicara dengan baik, mereka sering diandalkan dalam presentasi atau diskusi kelompok.

Tak hanya itu, ide-ide yang dimiliki juga disampaikan dengan percarya diri dan bahasanya juga mudah dipahami.

Kemampuan Mendengarkan yang Baik

Mereka mampu memahami sebuah informasi dengan baik melalui berbagai kegiatan, misalnya saja berupa ceramah, diskusi, atau audiobook. Dengan begitu, mereka sangat unggul dalam memahami dan mengingat informasi yang disampaikan secara lisan.

Kecenderungan untuk Berdiskusi dan Berdebat

Selanjutnya, seorang pelajar linguistik verbal sangat menikmati kegiatan diskusi dan debat karena inilah sarana yang bagus untuk memanfaatkan keterampilan verbal yang mereka punya.

Tak hanya itu, kegiatan diskusi dan debat juga membantu mereka memahami suatu topik secara mendalam. Aktif dalam percakapan seperti ini juga efektif untuk mengasah kemampuan berpikir kritis dan analitis.

Penggunaan Bahasa yang Luas dan Bervariasi

Mereka sering memiliki kosakata yang kaya dan cenderung menggunakan berbagai macam kata untuk mengekspresikan diri. Penggunaan bahasa yang luas ini memudahkan mereka untuk mengkomunikasikan ide-ide mereka dengan lebih efektif. Mereka juga cenderung menikmati permainan kata-kata atau kegiatan yang menantang kemampuan linguistik mereka.

Cara Mengasah Gaya Belajar Verbal

Jika Anda merasa cocok dan merupakan salah satu pelajar dengan gaya belajar linguistik verbal, ada beberapa cara untuk mengasah dan mengoptimalkan kemampuan ini:

Baca Lebih Banyak Buku

Pilih berbagai genre buku untuk memperluas pengetahuan dan kosakata yang Anda miliki. Membaca buku dari berbagai bidang akan membantu memperkaya wawasan dan meningkatkan kemampuan berpikir analitis serta meningkatkan daya ingat kita.

Menulis Setiap Hari

Mulailah menulis jurnal, blog, atau cerita pendek untuk mengasah keterampilan menulis Anda. Dengan menulis secara teratur, Anda bisa semakin pandai untuk mengekspresikan ide-ide dengan jelas dan sistematis.

Bergabung dengan Kelompok Diskusi

Selanjutnya, berpartisipasilah dalam sebuah kelompok diskusi atau debat sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan verbal Anda. Dalam suatu kelompok diskusi, Anda akan terlatih untuk berbicara dan mendengarkan pandangan orang lain.

Dengarkan Podcast atau Audiobook

Mendengarkan podcast atau audiobook akan melatih Anda untuk memproses informasi lisan secara efektif. Selain itu, ini juga merupakan cara yang baik untuk belajar sembari melakukan kegiatan lainnya.

Belajar Kosakata Baru Setiap Hari

Terakhir, orang dengan gaya belajar verbal sebaiknya mempelajari kosakata baru dengan cara menggunakan aplikasi atau buku khusus. untuk memperluas kosakata dapat sangat membantu. Ini akan membantu Anda menyampaikan pendapat atau ide dengan lebih tepat dan efektif.

Bagaimana Cara Menentukan Gaya Belajar yang Cocok untuk Anda?

Setiap orang memiliki gaya belajar masing-masing. Untuk menentukan gaya belajar mana yang cocok untuk Anda, terapkan langkah-langkah berikut ini! 

  1. Evaluasi Kegiatan Harian Anda: Perhatikan bagaimana Anda lebih nyaman menyerap informasi. Melakukan refleksi terhadap kegiatan sehari-hari membuat Anda mendapatkan sedikit petunjuk tentang gaya belajar yang cocok.

  2. Ikuti Tes Gaya Belajar: Ada banyak tes online yang dapat membantu Anda menentukan gaya belajar utama Anda. Setelah mengerjakan tes seperti ini, Anda akan dipandu untuk menyesuaikan metode belajar sesuai dengan gaya belajar yang cocok!

  3. Coba Berbagai Metode Pembelajaran: Lakukan eksperimen dengan berbagai metode belajar untuk melihat mana yang paling efektif untuk Anda. Catat hasil dan perasaan Anda terhadap masing-masing metode dan bandingkan di akhir.

  4. Minta Umpan Balik: Diskusikan dengan teman, keluarga, atau mentor tentang cara Anda belajar dan mintalah pendapat mereka.

  5.  Perhatikan Hasil Akademik atau Pekerjaan: Terakhir, lakukan analisis hasil pencapaian akademik Anda ketika menggunakan metode belajar tertentu dibandingkan dengan yang lain. Bandingkan performa Anda dalam situasi yang berbeda-beda untuk menentukan metode mana yang paling efektif.

Memahami gaya belajar linguistik verbal dapat membantu Anda mengoptimalkan cara belajar sehari-hari. Dengan mengenali karakteristik dan menentukan gaya belajar apa yang sesuai, bisa diketahui apakah Anda termasuk pelajar verbal atau bukan.

Sebagai salah satu rekomendasi sekolah internasional di Indonesia, pilihlah Global Prestasi School sebagai salah satu opsi sekolah internasional terbaik di Indonesia! Dalam pembelajaran, kami menerapkan penggabungan kurikulum Nasional Merdeka Belajar dengan kurikulum internasional Cambridge.

Tak hanya itu, kami juga membuat program-program unggulan mulai dari pengembangan diri, pembiasaan, dan kecakapan hidup untuk melatih seluruh peserta didik.

Jika ingin menanyakan lebih lanjut terkait pendaftaran Global Prestasi School, hubungi kami melalui tautan ini!

Mari bersama Global Prestasi School, ciptakan generasi muda yang cerdas, kreatif, dan siap menghadapi tantangan masa depan!

Berita & Acara Terbaru
img-5
Daftar PTN / Universitas Negeri di Jawa Barat Beserta Jurusan dan Akreditasinya
22 October 2024

Bingung mau pilih PTN di Jawa Barat? Cek daftar lengkap universitas negeri dan jurusannya sekarang!

img-6
33 Daftar Perguruan Tinggi dan Universitas di Jawa Barat beserta Akreditasinya
22 October 2024

Bingung mau kuliah dimana? Cek 33 daftar universitas di Jawa Barat lengkap dengan akreditasinya. Cari tahu kampus impianmu sekarang!

img-7
Syarat Beasiswa LPDP 2024 Terbaru: Simak Info Pendaftarannya
22 October 2024

Simak syarat beasiswa LPDP 2024 dan informasi pendaftarannya. Dapatkan informasi program beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan di sini!

img-14
Please Flip Your Phone To Continue
img-15
Tour 360
img-16
Tour 360
img-17
Enrollment
img-18
E-Library