Berita & Acara
img-4

FORTALS 2024: DULCERO

01 October 2024

Sama seperti jargonnya, ‘the candied crescendos’, FORTALS 2024: Dulcero memberikan begitu banyak kenangan dan hadiah manis bagi saya. Seperti yang kita ketahui, FORTALS adalah Festival of Arts of Global Prestasi School, merupakan pentas seni tahunan yang diselenggarakan oleh SMA Global Prestasi dengan tema-tema yang menarik, dan menghadirkan musisi-musisi ternama di Indonesia. Tahun ini, saya beserta teman-teman panitia merasa senang sekali mendapat kepercayaan untuk melanjutkan tradisi ini, yang sudah ke-14 tahun.

img-5

Banyak yang beranggapan bahwa FORTALS ini hanyalah acara dimana siswa/i bisa menikmati penampilan dari Guest Star artis-artis ternama saja. Bahkan, ada pula pendapat simpang siur dari beberapa adik kelas yang awalnya enggan untuk bergabung di organisasi FORTALS karena menganggap bahwa FORTALS itu adalah organisasi yang cukup berat, sehingga sulit untuk have fun atau mungkin bonding dengan teman-teman satu organisasi.

Meskipun memang mengurus sebuah acara pentas seni itu tidaklah semudah yang dipikirkan, tapi bergabung dalam organisasi FORTALS sebenarnya tidaklah seberat itu. Ada banyak canda tawa yang bisa kami bagikan selama mengurus acara ini, dan hubungan diantara tim panitia pun semakin solid.

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak teman-teman yang ingin bergabung dalam kepanitiaan FORTALS. Rasanya turut senang karena ternyata banyak juga teman-teman di SMA Global Prestasi ikut mengamati setiap proses dari terselenggaranya acara ini. Bahkan beberapa teman juga memiliki cerita menyenangkan tersendiri selama berada di event FORTALS. Tentunya tidak hanya mempererat bonding antar panitia, tapi juga memberikan pengalaman berorganisasi yang tentunya sangat berharga. Kemampuan berkomunikasi dan negosiasi kamu juga semakin meningkat. Kreativitas setiap panitia terus diasah untuk menghadirkan sebuah pentas seni yang berkesan untuk setiap peserta.

Persiapannya sendiri dimulai dari bulan September, yakni dari menyusun struktur organisasi yang membuat kami harus mengenal karakteristik dan potensi istimewa yang dimiliki setiap anggota kami dengan baik. Kemudian, dilanjutkan dengan menentukan konsep yang unik dan tentunya berbeda dari tahun sebelumnya. Setelah berdiskusi dengan semua panitia, tema yang disepakati bersama adalah tema permen (candy). Melalui tema tahun ini, kami berharap FORTALS bisa menjadi suatu kenangan yang manis bagi semua peserta.

img-6

Hal lain yang perlu kami persiapkan selanjutnya adalah mencari Guest Star. Pada proses ini, kami mendapatkan ilmu terkait strategi bisnis. Setelah menganalisis dan meninjau target audiens, tahun ini kami ingin menjangkau para penonton dari segala usia dan segala genre musik. Akhirnya, kami memilih The Changcuters dan Maliq & D’Essentials yang ternyata sukses memeriahkan acara FORTALS kemarin dengan begitu baik dan berkesan. Bahkan, di hari pelaksanaan FORTALS, ada teman saya yang merasa sangat senang karena berhasil mendapatkan pick gitar dari The Changcuters, lucky him!

Selama proses persiapan hingga mendekati hari-H acara, ada banyak persiapan yang perlu kami lakukan. Selayaknya acara pentas seni, kami belajar bagaimana menjalankan sebuah bisnis lewat berjualan tiket maupun penggalangan dana, menjalin kerja sama dengan perusahaan, melakukan branding lewat media offline maupun digital, mempersiapkan segala peralatan, susunan acara, dan masih banyak lagi.

Salah satu hal yang selalu kami terapkan selama mempersiapkan FORTALS ini, adalah menjaga suasana koordinasi serius namun menyenangkan, diselingi canda tawa, saling percaya dan bertanggung jawab akan tugasnya masing-masing. Memiliki sikap untuk aktif terlibat dan selalu ingin berkembang juga senantiasa kami terapkan, tidak hanya di tim inti, namun juga di seluruh panitia. Sehingga tidak hanya organisasinya saja yang tumbuh, tapi kemampuan dari masing-masing anggota di dalamnya juga ikut berkembang. Banyak dari kami yang awalnya tidak saling kenal, tetapi sekarang bisa berteman begitu dekat.

Panitia tidak hanya didukung oleh sesama panitia. Tetapi, pihak guru juga dengan senang hati mendukung kami, tidak hanya dalam memberikan saran dan bimbingan terkait tugas maupun tanggung jawab, tetapi juga banyak memberikan mental support. Mereka tidak berhenti untuk terus meyakinkan kami bahwa acara ini dapat berjalan dengan sukses. Antusiasme mereka sama besarnya dengan kami untuk kesuksesan acara yang sudah dinanti-nantikan ini.

img-7

Acara FORTALS semakin meriah dengan penampilan dari para performers dari Global Prestasi School. Ada banyak performers yang menampilkan bakat terbaik mereka di atas panggung. Ada penampilan tari seperti modern dance, dan musik dari band. Selain sebagai panitia di FORTALS, saya juga terlibat dalam penampilan band. Rasa capek selama latihan, terbayar ketika kami bisa menampilkan yang terbaik di atas panggung. Melalui acara ini, bakat dan kreativitas yang dimiliki siswa/i Global Prestasi School dapat tersalurkan dengan baik. Kami sebagai siswa, bisa mendapatkan apresiasi yang sepatutnya kami dapatkan. Ini juga meningkatkan kepercayaan diri setiap dari performers dan memberikan motivasi bagi mereka untuk mau menampilkan bakat mereka dengan kerja keras.

img-8

Melihat dari pelaksanaan FORTALS kemarin, rasanya bersyukur sekali karena banyak pengunjung yang menikmati acara ini dan mengabadikan momen bahagia mereka. Bernyanyi bersama, berjoget, melompat, dan bahkan antusias menjawab pertanyaan untuk mendapatkan hadiah yang disiapkan oleh panitia. Tidak lupa untuk para tenant dan sponsor yang juga mensukseskan acara ini. Kami begitu senang bisa bekerja sama dan saling membantu mereka. 

Atas berkat dari Tuhan, acara kemarin dihadiri cukup banyak pengunjung eksternal sesuai yang kami harapkan. Mewakili seluruh panitia, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, dimulai dari seluruh panitia FORTALS, Bapak/Ibu perwakilan dari Yayasan, Bapak/Ibu guru, orang tua murid, tim supporting, security, OB, tenant, sponsor, vendor, segenap siswa/i Global Prestasi School, para performers, dan tentu saja Guest Star kita yang sangat keren! Tanpa kalian, FORTALS tidak akan bisa menjadi kenangan manis untuk kita semua.

Penulis: Keisha Eleora Tambunan (PIC Fortals Dulcero 2024)
Penyunting: Lady Yesisca

Berita & Acara Terbaru
img-9
PAUD
Belajar adalah Petualangan yang Segar
01 October 2024

Global Prestasi Montessori School menyelenggarakan “Fruitopia,” serangkaian acara bertema buah-buahan untuk merayakan akhir semester pertama. 

img-10
Remaja Generasi Z: Mengenal Gen Z dan Karakteristik yang Khas
26 August 2024

Kenali karakteristik khas generasi Z (Gen Z) rentang lahir tahun 1997-2012. Pelajari lebih dalam tentang perbedaan dan keunikan mereka dalam artikel ini.

img-11
Program Ekstrakurikuler Sekolah: Definisi, Tujuan, dan Fungsinya
26 August 2024

Dari macam-macam gaya belajar yang ada, terdapat gaya belajar yang mengutamakan logical. Simak arti beserta ciri-cirinya dalam artikel ini!

img-18
Please Flip Your Phone To Continue
img-19
Tour 360
img-20
Tour 360
img-21
Enrollment
img-22
E-Library