Pada masa kini, memberikan pengetahuan penting kepada anak-anak sudah menjadi keharusan. Siswa-siswi Montessori dari level Kindergarten 1 dan 2 berkesempatan untuk memperkaya pengetahuan mereka tentang kesadaran menjaga tubuh. Kegiatan ini dipimpin oleh Miss Ratna Kusumawati, M.Psi, Psi. yang merupakan konselor sekolah. Tujuan kegiatan ini adalah untuk membangun kesadaran menjaga tubuh, termasuk di dalamnya area tubuh pribadi, sentuhan baik dan tidak baik, serta jaringan aman, yakni orang dewasa yang dipercaya anak.
Para siswa mendapat penjelasan bahwa tubuh mereka adalah otoritas mereka dan pentingnya mengenal nama anggota tubuh, khususnya area tubuh pribadi. Mereka juga dikenalkan nama alat kelamin dan cara menjaganya. Selain itu, mereka belajar jika “bagian pribadi harus tertutup“ dan tidak seorang pun boleh melihatnya selain jaringan aman anak. Melalui lagu “Talk Pants with Pantosaurus and His Pants”, para siswa disarankan untuk menolak dengan berkata “Tidak!” untuk melindungi diri mereka sendiri. Setelah penjelasan, Miss Ratna mengajak anak-anak menggambar celana dalam di lembar kerja. Mengenakan celana dalam sebagai salah satu cara merawat area tubuh pribadi.
Memasuki diskusi ‘sentuhan baik’ dan ‘tidak baik’, para siswa boleh memberikan pendapatnya tentang gambar-gambar yang diperlihatkan. Mereka belajar, apa sih ‘sentuhan baik’ dan ‘tidak baik’ itu? Jadi, sentuhan baik itu sentuhan yang memberikan seseorang rasa aman, baik, senang, pasti, terlindungi, dan nyaman. Sentuhan ini hanya boleh dilakukan oleh jaringan aman anak-anak dan tentunya atas seizin anak, sang pemilik tubuh. Sedangkan yang ‘tidak baik’ tentu saja membuat seseorang merasa tidak aman, buruk, sedih, marah, kecewa, dan tidak nyaman. Para siswa diperbolehkan untuk berkata “Tidak!” untuk menolak sentuhan tersebut, khususnya dari orang asing.
Senangnya melihat reaksi siswa-siswi saat merespons gambar yang disajikan dengan memberikan acungan jempol. Mereka dipandu untuk mengamati gambar sebelum memberikan opininya. Sebagai penutup, mereka menempelkan stiker berwarna hijau untuk sentuhan baik dan merah untuk lainnya pada template tubuh di lembar kerja.
Selanjutnya, para siswa dikenalkan dengan jaringan aman. Jaringan ini berisi orang dewasa yang dipercaya oleh anak dan juga orang tua dan tentunya menjaga kepercayaan itu. Tujuan jaringan ini untuk menjamin anak-anak agar bisa bercerita perihal perasaan mereka dan khususnya tentang masalah yang sifatnya pribadi. Mereka punya seseorang untuk diajak bicara ketika ada sesuatu yang mendesak ataupun hal yang di luar dugaan. Siswa-siswi bisa mengekspresikan itu semua ke orang tua, guru, dan keluarga dekat.
Para siswa terlihat sangat terlibat selama presentasi, diskusi, dan kegiatan lembar kerja. Mereka mengungkapkan ide, pendapat, dan pengalaman dengan penuh percaya diri. Keren! Tidak ada hal yang seru selain belajar hal penting sambil bersenang-senang. Akhirnya, Miss Ratna menyimpulkan PANTS Rules sebagai cara meningkatkan kesadaran menjaga tubuh.
Ditulis oleh: Nova Manik
Disunting oleh: Eti Triyana, Bernadette Sinaga, & Angela Manurung
Diabadikan oleh: K1 & K2 Homerooms
Bingung mau pilih PTN di Jawa Barat? Cek daftar lengkap universitas negeri dan jurusannya sekarang!
Bingung mau kuliah dimana? Cek 33 daftar universitas di Jawa Barat lengkap dengan akreditasinya. Cari tahu kampus impianmu sekarang!
Simak syarat beasiswa LPDP 2024 dan informasi pendaftarannya. Dapatkan informasi program beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan di sini!