Selama bimester kelima ini, anak-anak mempelajari konsep tempat umum. Hal ini bertujuan untuk membantu mereka dalam pertumbuhan fisik, sosial, emosional, dan intelektual. Proses pembelajaran sering kali berpusat pada eksplorasi yang menyenangkan, memungkinkan anak-anak untuk menemukan dan memahami berbagai lingkungan.
Salah satu Kerangka Kurikulum Taman Kanak-Kanak menyoroti pentingnya memberikan pengalaman bermakna kepada anak-anak yang memungkinkan mereka menjelajahi lingkungan mereka dan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang dunia. Berbagai aktivitas dan tema yang sesuai dengan usia yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap anak dapat mencakup pengajaran tentang ruang publik.
Dengan berinteraksi dengan lingkungan mereka dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan, anak-anak dapat meningkatkan keterampilan literasi mereka dan tumbuh secara holistik. Metode pendidikan Montessori percaya bahwa anak-anak belajar paling baik melalui pengalaman langsung dan penyelidikan mandiri. Tujuan utamanya adalah memastikan bahwa anak-anak terpapar pada tempat-tempat umum dengan cara yang kreatif, menarik, dan sesuai dengan tahap perkembangan mereka.
SUBWAY Goes to School
Menjelajahi petualangan kuliner di lingkungan sekolah dapat membangkitkan kegembiraan dan kebersamaan diantara siswa, terutama ketika mereka bersama-sama membuat makanan lezat dengan teman-teman mereka. Dengan diperkenalkannya restoran SUBWAY, siswa menjalani petualangan rasa langsung di lingkungan sekolah, menciptakan pengalaman yang menyenangkan dan informatif.
Sepanjang petualangan kuliner ini, siswa terlibat aktif dalam setiap aspek proses, mulai dari memilih bahan segar dan merakit sandwich sesuai selera mereka hingga belajar tentang keselamatan dapur dan praktik kebersihan. Dibimbing oleh kru SUBWAY dan guru mereka, siswa dengan antusias memanfaatkan kesempatan untuk melepaskan kreativitas kuliner mereka, bereksperimen dengan kombinasi rasa, dan menguasai teknik pembuatan sandwich.
Selain rasa lezat dan momen kebersamaan, kegiatan kuliner ini memberikan wawasan edukatif yang berharga, memungkinkan siswa memperoleh pengetahuan praktis tentang nutrisi, persiapan makanan, kesadaran lingkungan, dan kerja tim. Siswa yang terlibat aktif dalam proses memasak mengembangkan keterampilan hidup penting yang melampaui dapur selain memuaskan selera mereka.
Intinya, diperkenalkannya SUBWAY di lingkungan sekolah terbukti menjadi pengalaman yang berkesan dan memperkaya bagi semua yang terlibat, membangun kebersamaan di antara siswa dan pendidik, sekaligus menumbuhkan minat mereka terhadap seni kuliner dan meningkatkan apresiasi mereka terhadap makanan yang baik dan persahabatan.
Montessori Nonton Bareng
Menonton film di bioskop adalah kegiatan rekreasi yang disukai anak-anak, terutama ketika menikmati film dalam skala besar bersama anggota keluarga. Setelah pemeriksaan mendalam tentang bioskop selama sesi kelas, siswa akhirnya terlibat dalam pengalaman pendidikan yang signifikan dan mendalam dengan mengunjungi Cinema XXI Kota Bintang yang didampingi oleh guru dan teman-teman mereka.
Selama kunjungan ini, siswa aktif berpartisipasi dalam pengalaman sinematik, termasuk membeli tiket, mengantri untuk masuk ke teater, dan mengamati etiket bioskop yang tepat saat menikmati pemutaran film Kungfu Panda 4. Ketika mereka menikmati menonton film bersama guru dan teman-teman mereka, terlihat betapa senang dan bersemangatnya mereka.
Selain menghibur, perjalanan ini memberikan kesempatan pendidikan yang tak ternilai bagi siswa dengan memperlihatkan langsung berbagai aspek menonton film, seperti perilaku penonton dan presentasi sinematik.
Secara keseluruhan, perjalanan menonton film ini adalah pengalaman yang berkesan dan bermanfaat bagi semua yang terlibat, memperkuat pemahaman dan apresiasi terhadap seni sinematik, serta mendorong rasa kebersamaan di antara siswa dan guru.
Penulis: Adesinta Glory & Ruth Manurung
Penyunting: Eka Kurniasih, Ruth Manurung, Lady Yesisca
Dokumentasi: Tim Social Media GPS
Pernahkah kamu merasa bingung saat melihat seekor hewan yang makan daging tapi juga lahap menyantap tumbuhan? Hal ini sering menimbulkan pertanyaan, "Sebenarnya hewan ini masuk ke golongan apa, sih?"
Banyak orang masih kesulitan membedakan jenis-jenis hewan berdasarkan pola makannya, terutama hewan omnivora yang dikenal sebagai pemakan segala. Ketidaktahuan ini bisa membuat kita keliru saat belajar biologi atau mengenalkan jenis-jenis hewan pada anak-anak.
Tapi tenang, lewat artikel ini kamu akan menemukan jawabannya. Di sini akan mengupas tuntas tentang apa itu hewan omnivora, ciri-cirinya, dan tentunya daftar lebih dari 30 contoh hewan omnivora yang bisa kamu temui di berbagai lingkungan.
Ketika mendengar kata karnivora, apa yang segera terlintas di benakmu? Mungkin bayangan singa yang sedang memangsa hewan lain di padang savana, atau serigala yang berlari cepat untuk menangkap mangsa untuk bertahan hidup.
Hewan karnivora memiliki kemampuan memangsa yang mengandalkan daging sebagai makanan utama. Didunia ini, ada juga hewan karnivora yang hidup di perairan dan berukuran besar.
Di alam liar, memang ada banyak sekali jenis hewan karnivora, mulai dari yang hidup di daratan, wilayah laut, hingga yang terbang di udara.
Mereka dibekali berbagai kemampuan unik untuk menangkap dan memangsa hewan lain, mulai dari gigi tajam, cakar kuat, hingga strategi berburu yang cerdik. Penasaran siapa saja mereka?
Mari kenali lebih dekat 10 contoh hewan karnivora berikut ini yang tidak hanya ganas, tapi juga cerdas dalam berburu!
Memulai perkuliahan adalah langkah besar dalam hidup seseorang. Namun, semangat kuliah tak selalu stabil. Ada saatnya Anda merasa lelah, ragu, bahkan terjebak dalam fase “malas kuliah”.
Dalam kondisi seperti ini, motivasi kuliah berperan sebagai penyelamat yang membakar semangat dan menyadarkan Anda akan tujuan hidup. Melalui kata-kata motivasi kuliah yang tepat, Anda bisa menemukan kembali alasan mengapa memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.