Berita & Acara
img-4

12 Sekolah Kedinasan dan Cara Ikut Seleksi Sekolah Kedinasan 2024

24 June 2024

Salah satu jalur pendidikan yang menjadi pertimbangan selain berkuliah di universitas adalah melalui sekolah kedinasan.  Sekolah ini berperan penting dalam menyiapkan calon-calon pegawai negeri sipil (PNS) untuk berkarier di berbagai instansi pemerintah.

Tahun ini, pendaftaran untuk masuk ke sekolah kedinasan akan dibuka mulai bulan Mei 2024. Dengan memahami proses seleksi dan persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar, diharapkan Anda dapat memiliki gambaran lebih lengkap tentang apa saja yang perlu dilakukan.

Apa itu Sekolah Kedinasan?

Sekolah kedinasan adalah sebuah lembaga pendidikan yang bertugas untuk mempersiapkan calon-calon PNS dalam mengikuti tes dan seleksi CPNS. Umumnya, masa pembelajaran di jenis sekolah ini akan berlangsung selama beberapa tahun. 

Selama masa pendidikan di sekolah kedinasan, Anda tidak hanya belajar materi akademis, tetapi juga mendapatkan pelatihan khusus yang relevan dengan bidang pekerjaan yang dipilih.

12 Sekolah Kedinasan yang Ada di Indonesia

Sekolah kedinasan menjadi pilihan menarik bagi Anda yang memang bercita-cita mengabdi pada negara. Tak hanya itu, karir seorang lulusan sekolah ini juga akan lebih stabil. Berikut inilah 12 sekolah kedinasan terbaik di Indonesia yang bisa menjadi pilihan Anda:

1. Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN)

Dengan nama awal Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), PKN STAN beroperasi di bawah naungan Kementerian Keuangan dan selalu menjadi incaran banyak calon mahasiswa. Di PKN STAN, tersedia program studi Diploma III dan Diploma IV di bidang keuangan negara.

2. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

Selanjutnya ada IPDN yang diurus langsung oleh Pihak Kementerian Dalam Negeri. Sekolah yang satu ini berfokus pada pengembangan sumber daya manusia di bidang pemerintahan. Lulusannya dididik dan dipersiapkan untuk menjadi pemimpin di bidang pemerintahan daerah hingga pusat.

3. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) atau Politeknik Statistika

STIS atau Sekolah Tinggi Ilmu Statistik adalah pilihan sekolah kedinasan terbaik yang berada di naungan bawah Badan Pusat Statistik. Kampus ini menawarkan program studi Diploma IV dan Sarjana Terapan di bidang statistik. Lulusan STIS biasanya bekerja sebagai seorang ahli statistik.

4. Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) atau Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)

STSN berada di bawah Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Sekolah ini menawarkan program studi Diploma IV di bidang persandian. Lulusan STSN memiliki peran penting dalam menjaga keamanan informasi negara.

5. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Sekolah selanjutnya adalah Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) yang berada di bawah Badan Intelijen Negara (BIN). Sekolah ini menawarkan program studi Sarjana di bidang intelijen. Para mahasiswanya akan diberikan materi-materi sebagai persiapan untuk menjadi agen intelijen.

6. Politeknik Imigrasi (Poltekim)

Poltekim, sekolah kedinasan yang diurus oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia menyediakan program studi bergelar Diploma III dan Diploma IV di bidang keimigrasian. Karir yang sesuai dengan jurusan ini biasanya berhubungan dengan pengawasan dan pelayanan keimigrasian.

7. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip)

Serupa dengan Poltekim, Poltekip juga berada di bawah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Sekolah ini menyediakan program studi Diploma III dan Diploma IV di bidang pemasyarakatan. Seorang lulusannya akan bekerja di bidang pembinaan dan pengawasan narapidana.

8. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)

Rekomendasi sekolah selanjutnya adalah STMKG yang dinaungi langsung oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Dalam sekolah satu ini, terdapat program studi Sarjana Terapan di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika.

Setelah resmi menjadi lulusan STMKG, Anda akan berkarir sebagai seseorang yang bertugas untuk mengamati dan menganalisis cuaca, iklim, dan gempa bumi.

9. Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD)

STTD diurus langsung oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Dalam sekolah yang satu ini, Anda dapat mengambil program studi Diploma III dan Diploma IV di bidang transportasi darat. Lulusan STTD akan bertugas dalam perencanaan, pengelolaan, dan pengawasan transportasi darat.

10. Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI)

Berada di naungan yang sama dengan STTD, PPI menawarkan program studi Diploma III dan Diploma IV di bidang penerbangan. Seseorang yang lulus dari PPI akan berkarir menjadi petugas pengoperasian dan pemeliharaan pesawat terbang.

11. Akademi Kepolisian (Akpol)

Akpol berada di bawah Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Sekolah ini menawarkan program studi Sarjana di bidang kepolisian. Lulusan Akpol menjadi perwira polisi yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Baca Juga: Persyaratan Masuk Akpol: Pendaftaran Taruna Akpol, Ketat dan Penuh Tantangan

12. Akademi Militer (Akmil)

Sekolah terakhir dan yang termasuk paling populer adalah Akmil. Berada di bawah Tentara Nasional Indonesia (TNI), Akmil menyediakan program studi Sarjana di bidang militer. Lulusan Akmil akan ditugaskan untuk menjadi perwira TNI yang bertugas menjaga kedaulatan negara.

Baca Juga: Simak Syarat Masuk Akmil, Informasi Cara, Tahap & Tips Seleksi Taruna Akmil

Tahapan Pendaftaran Sekolah Kedinasan

  • Pendaftaran Online: Anda akan diarahkan untuk mendaftarkan diri secara online melalui portal SSCASN Sekolah Kedinasan. Setelah pembayaran biaya pendaftaran selesai, kartu pendaftaran pun bisa dicetak sebagai bukti resmi.

  • Seleksi Administrasi: Tahapan ini adalah tahap pertama seleksi calon peserta. Data dan dokumen yang telah diunggah akan diverifikasi dan hanya beberapa orang yang syarat administrasinya mencukupi yang akan melanjutkan ke tahap berikutnya.

  • Seleksi Kompetensi Dasar (SKD): Terdapat Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) sebagai cara menguji pengetahuan, logika, integritas, dan potensi kepemimpinan setiap pesertanya.

  • Seleksi Kompetensi Bidang (TKB): Setelah berhasil melewati SKD, pengetahuan Anda terkait jurusan akan diuji secara lebih spesifik. Tes ini dapat berbentuk tertulis serta adanya tahapan wawancara juga.

  • Tes Kesehatan dan Kebugaran: Selanjutnya adalah pemeriksaan kesehatan menyeluruh dan tes kebugaran untuk memastikan bahwa kesiapan Anda untuk bertugas di masa depan.

  • Tes Psikologi: Kemudian ada tes psikologi tertulis dan wawancara untuk mengungkap lebih jauh tentang kepribadian, motivasi, dan kemampuan adaptasi Anda.

  • Pantukhir: Tahap akhir ini menjadi penentuan karena akan ada wawancara akhir dengan panitia seleksi untuk menunjukkan potensi dan kesiapan Anda dalam menjadi bagian dari sekolah kedinasan.

  • Pengumuman Kelulusan: Tahapan terakhir dari pendaftaran ini tentunya adalah pengumuman kelulusan. Nama-nama yang diterima untuk bergabung dalam sekolah kedinasan akan tercantum dalam sebuah daftar khusus.

Cara Pendaftaran Sekolah Kedinasan

Pendaftaran sekolah ini umumnya dilakukan secara online melalui portal resmi yang disediakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Berikut ini adalah beberapa langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

  1. Membuat Akun SSCASN Sekolah Kedinasan:
    • Kunjungi portal SSCASN Sekolah Kedinasan di tautan berikut https://dikdin.bkn.go.id/.
    • Klik "Registrasi" atau "Daftar" untuk membuat akun baru.
    • Isi data diri yang diminta, mulai NIK, nama lengkap, tanggal lahir, dan informasi lainnya.
    • Ikuti petunjuk yang diberikan untuk menyelesaikan proses pembuatan akun.
  2. Login ke SSCASN Sekolah Kedinasan:

    • Setelah berhasil membuat akun, loginlah menggunakan NIK dan password yang telah Anda daftarkan.
  3. Melengkapi Data dan Mengunggah Dokumen:
    • Unggah foto selfie diri Anda sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    • Pilih sekolah kedinasan dan jurusan yang Anda minati.
    • Lengkapi data diri, riwayat pendidikan, dan informasi lainnya yang diminta.
    • Unggah dokumen-dokumen yang dipersyaratkan, seperti ijazah, transkrip nilai, KTP, kartu keluarga, dan pas foto.
  4. Membayar Biaya Pendaftaran:
    • Setelah melengkapi data dan mengunggah dokumen, Anda akan mendapatkan kode billing untuk pembayaran biaya pendaftaran.
    • Lakukan pembayaran melalui bank atau channel pembayaran yang telah ditentukan.
  5. Mencetak Kartu Pendaftaran:
    • Setelah pembayaran berhasil, cetak kartu pendaftaran Anda sebagai bukti telah mendaftar.

Tahun 2024 sudah menjadi kesempatan emas bagi Anda untuk mendaftarkan diri ke salah satu dari banyaknya sekolah kedinasan terbaik yang ada di Indonesia. Persiapkan diri sebaik Anda dan buktikan juga bahwa Anda mampu dan siap untuk menjadi bagian dari sekolah kedinasan.

Nah, untuk mempersiapkan anak Anda dan memperbesar kemungkinan untuk lolos seleksi sekolah kedinasan, pilihlah Global Prestasi School sebagai salah satu opsi sekolah internasional terbaik di Indonesia.

Dalam pembelajaran, kami menerapkan penggabungan kurikulum Nasional Merdeka Belajar dengan kurikulum internasional Cambridge. Inilah yang membuat lulusan sekolah kami terjamin berkualitas dan dapat bersaing secara global.

Tak hanya itu, kami juga membuat program-program unggulan mulai dari pengembangan diri, pembiasaan, dan kecakapan hidup untuk melatih seluruh peserta didik.

Jika ingin menanyakan lebih lanjut terkait pendaftaran Global Prestasi School, hubungi kami melalui tautan ini!

Mari bersama Global Prestasi School, ciptakan generasi muda yang cerdas, kreatif, dan siap menghadapi tantangan masa depan!

Berita & Acara Terbaru
img-5
PAUD
Belajar adalah Petualangan yang Segar
01 October 2024

Global Prestasi Montessori School menyelenggarakan “Fruitopia,” serangkaian acara bertema buah-buahan untuk merayakan akhir semester pertama. 

img-6
SMA
FORTALS 2024: DULCERO
01 October 2024

Sama seperti jargonnya, ‘the candied crescendos’, FORTALS 2024: Dulcero memberikan begitu banyak kenangan dan hadiah manis bagi saya. Seperti yang kita ketahui, FORTALS adalah Festival of Arts of Global Prestasi School, merupakan pentas seni tahunan yang diselenggarakan oleh SMA Global Prestasi dengan tema-tema yang menarik, dan menghadirkan musisi-musisi ternama di Indonesia. Tahun ini, saya beserta teman-teman panitia merasa senang sekali mendapat kepercayaan untuk melanjutkan tradisi ini, yang sudah ke-14 tahun.

img-7
Remaja Generasi Z: Mengenal Gen Z dan Karakteristik yang Khas
26 August 2024

Kenali karakteristik khas generasi Z (Gen Z) rentang lahir tahun 1997-2012. Pelajari lebih dalam tentang perbedaan dan keunikan mereka dalam artikel ini.

img-14
Please Flip Your Phone To Continue
img-15
Tour 360
img-16
Tour 360
img-17
Enrollment
img-18
E-Library