Dalam era perubahan yang dinamis, pendidikan di Indonesia terus mengalami transformasi untuk memenuhi kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Salah satu upaya terbaru dalam penyempurnaan pendidikan adalah implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Konsep Merdeka Belajar menawarkan pendekatan yang inovatif dan adaptif, memungkinkan siswa untuk mendalami konsep, mengembangkan karakter, dan memperoleh kompetensi secara lebih holistik.
Dalam artikel ini, kita akan mengulas secara mendalam tentang Kurikulum Merdeka Belajar, meliputi pengertian, latar belakang, tujuan, serta implementasi penerapannya. Dengan memahami lebih dalam tentang kurikulum ini, kita dapat melihat bagaimana perubahan ini berkontribusi terhadap perbaikan pendidikan di Indonesia, sejalan dengan minat dan kebutuhan belajar peserta didik.
Dengan pendekatan pembelajaran intrakurikuler, penggunaan perangkat ajar yang sesuai dengan minat, serta projek penguatan profil pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka Belajar memberi siswa kesempatan untuk memiliki cukup waktu dalam mendalami setiap materi pelajaran. Artikel ini akan menjelaskan bagaimana Kurikulum Merdeka Belajar berbeda dari kurikulum sebelumnya, termasuk Kurikulum 2013 dan kurikulum darurat, serta bagaimana penerapannya ditetapkan oleh pemerintah. Simak informasi selengkapnya untuk memahami konsep, manfaat, dan dampak dari Kurikulum Merdeka Belajar dalam menghadirkan pendidikan yang lebih relevan dan responsif terhadap perkembangan zaman.
Â
Â
Jika melihat pernyataan dari Kemendikbud maka dapat diketahui bahwa maksud dari program ini yaitu untuk membentuk pembelajaran intrakurikuler atau banyak model di sekolah. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk bisa mendorong siswa agar lebih optimal dalam mengeksplorasi konsep pembelajaran dan juga membangun keterampilan.
Tidak hanya siswa, guru juga akan diberikan kebebasan dalam menentukan metode pembelajaran yang dinilai efektif untuk diterapkan di kelas. Dengan begitu model pembelajaran yang diterapkan bisa menyesuaikan dengan kondisi, kebutuhan belajar, dan juga minat siswa. Implementasi dari program ini mulai diterapkan bagi TK B, SD, SMP, dan SMA.
Pemerintah akan melakukan survey dan melihat kesiapan lembaga pendidikan sebelum memberikan izin implementasinya. Survey tersebut dilakukan dalam bentuk kuesioner sehingga lembaga pendidikan bisa langsung mengetahui tingkat kesiapan dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar. Ketahui juga tentang latar belakang dari munculnya kurikulum ini.
Â
Seperti yang disebutkan sebelumnya, pemerintah beranggapan bahwa kurikulum K13 terlalu rumit untuk diterapkan pada jenjang pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, untuk melakukan pembaharuan yang lebih efektif maka dibentuklah kurikulum merdeka ini dengan harapan dapat memberikan kebebasan bagi siswa maupun tenaga pengajar dalam menentukan metode pembelajaran yang efektif.
Â
Untuk melakukan uji coba keefektifan dari kurikulum ini, kemendikbud mulai menyederhanakan program dalam kondisi khusus untuk mengurangi ketertinggalan siswa. Dalam hasil uji coba, didapatkan indikasi keberhasilan sebanyak 73% dalam hal membantu siswa mengejar ketertinggalan di bidang literasi dan 85% untuk numerasi.
Jika melihat hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa program khusus ini efektif diterapkan pada siswa dan bisa diimplementasikan secara lebih luas,maka terbentuklah kurikulum merdeka ini. Tujuannya adalah untuk bisa mengembangkan sistem belajar yang fleksibel dan hanya berfokus pada materi penting.Â
Pembelajaran penting disini mencakup tentang perkembangan keterampilan dan kepribadian siswa. Kemunculan dari kurikulum merdeka belajar ini diharapkan mampu membantu tenaga pengajar dalam mengubah proses pembelajaran menjadi lebih menarik namun tetap relevan dan menyenangkan agar bisa mudah diterima oleh siswa.
Â
Baca Juga: Mengenal Metode Montessori, Sebuah Metode Pendidikan yang Terkenal di Dunia PAUD
Â
Salah satu keunggulan dari kurikulum ini yaitu langsung menekankan pada pembelajaran yang esensial dan mampu memberikan pengembangan keterampilan pada siswa secara bertahap. Dengan begitu maka proses belajar akan dianggap lebih bermakna dan menyenangkan. Adanya kegiatan proyek juga mampu mengembangkan kemampuan siswa dalam mengeksplorasi isu isu di dunia nyata.
Â
Untuk bisa mengimplementasikan penerapan kurikulum ini dengan baik maka diperlukan 3 langkah kompleks, yaitu dengan melakukan penilaian awal untuk bisa mengidentifikasi karakter serta kebutuhan perkembangan siswa. Penilaian ini dapat diterapkan pada awal tahun ajaran baru sehingga pembelajaran bisa berjalan efektif dan bermanfaat.
Selanjutnya, barulah melakukan perencanaan metode pembelajaran terbaik yang didasarkan pada hasil penilaian awal. Guru diberikan kebebasan dalam mengatur sistem belajar terbaiknya. Penilaian harus tetap dilakukan untuk bisa mengetahui apakah metode yang diterapkan sudah efektif atau belum. Kemudian di akhir pembelajaran boleh dilakukan penilaian sumatif untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran.
Â
Untuk bisa membedakan kurikulum merdeka dengan lainnya maka Anda bisa mengetahuinya berdasarkan beberapa karakteristik. Karakteristik pertama yang bisa ditemukan yaitu berfokus pada pelajaran penting dan terus mendalaminya. Selain itu, kurikulum ini juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan dan karakter menggunakan kontek kehidupan nyata.
Selanjutnya, kurikulum ini juga menerapkan jadwal fleksibel untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa dengan menentukan target belajar yang bertahap. Bahkan, pengajar juga dapat lebih leluasa dalam mengembangkan pembelajaran yang berkualitas. Kerjasama menjadi prioritas untuk menciptakan implementasi kurikulum merdeka terbaik.
Â
Struktur Kurikulum Merdeka Belajar didesain untuk memberikan fleksibilitas dan adaptabilitas dalam pembelajaran. Kurikulum ini mengedepankan prinsip kebebasan siswa dalam memilih mata pelajaran dan pengembangan minatnya. Secara umum, struktur Kurikulum Merdeka Belajar terdiri dari beberapa komponen utama yang memberikan keleluasaan bagi siswa dalam menentukan jalur pembelajarannya. Berikut adalah gambaran umum mengenai struktur Kurikulum Merdeka Belajar:
Struktur Kurikulum Merdeka Belajar ini memberikan siswa kebebasan untuk menentukan jalur pembelajarannya sesuai dengan minat dan potensinya. Hal ini diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang lebih mandiri, adaptif, dan siap menghadapi tantangan dunia nyata setelah lulus.
Â
Sebagian dari Anda mungkin menganggap bahwa Global Prestasi school ini hanya menerapkan kurikulum Cambridge saja. Padahal, di tingkat pendidikan SD sampai dengan SMA GPS ini juga tetap menerapkan kurikulum merdeka belajar. Dengan begitu, siswa tetap mengenal dan menerapkan sistem pembelajaran yang ditentukan pemerintah.
Sekolah di GPS mampu membuat anak berkembang dengan baik dalam bidang akademik maupun pengembangan bakat. Oleh karena itu, untuk memberikan perhatian terhadap tumbuh kembang anak, maka Anda bisa memilih mendaftarkannya ke Global Prestasi School. Segala bentuk program yang diterapkan pastinya mampu membuat anak tumbuh lebih kreatif dan inovatif.
Melalui partisipasi dalam acara seperti AYIMUN dan AWMUN, SMA Global Prestasi memberdayakan para siswanya untuk tumbuh menjadi kontributor aktif, berpengetahuan, dan mampu berperan di masyarakat global, mempersiapkan mereka untuk menjadi pemimpin di panggung dunia.
Kemenangan tim HAWKS dan berbagai penghargaan yang diraih oleh SMA Global Prestasi di ajang DBL West Java-West Series 2024 merupakan hasil dari kerja keras, latihan intensif, serta dukungan penuh dari sekolah.
This adventure took them from immersive art installations in Bandung to the high-tech world of gaming and robotics, giving them an exciting look into creative industries and the fast-evolving realms of robotics and AI. Here’s a glimpse into the incredible journey!