Berita & Acara
img-4

Program Ekstrakurikuler Sekolah: Definisi, Tujuan, dan Fungsinya

26 August 2024

Sekolah memiliki kegunaan utama untuk membentuk generasi penerus bangsa yang berkualitas melalui pendidikan. Walaupun begitu, pendidikan tidak hanya terbatas pada pembelajaran di dalam kelas.

Pihak sekolah juga diharuskan mewadahi para siswa untuk mengembangkan minat dan bakat siswa di luar bidang akademik, salah satunya adalah melalui kegiatan ekstrakurikuler sekolah.

Bahkan, beberapa sekolah juga mewajibkan setiap siswanya untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler wajib seperti kegiatan pramuka, serta ekstrakurikuler pilihan lainnya, seperti PMR dan paskibra. Dengan ini, setiap siswa dapat mengeksplorasi kesenangan baru mereka sembari berinteraksi dengan teman dan mengembangkan keterampilan sosialnya.

Definisi Apa Itu Program Ekstrakurikuler

Program atau kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang diselenggarakan di luar jam pelajaran formal yang bertujuan untuk mengembangkan berbagai aspek kepribadian siswa, seperti keterampilan non-akademis, karakter, hingga bakat dan minat peserta didik.

Program ini telah diwajibkan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan serta mencakup berbagai bidang, seperti ekstrakurikuler olahraga, seni, budaya, bahasa, teknologi, dan kepemimpinan. Biasanya, program kegiatan ekstrakurikuler ini akan dipandu oleh guru atau instruktur yang ahli di bidangnya.

Baca juga: Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah: Tujuan dan Manfaat Bagi Siswa

Tujuan Pengembangan Program Ekstrakurikuler Terhadap Siswa

Ada beberapa manfaat kegiatan ekstrakurikuler yang akan Anda dapatkan begitu berpartisipasi di dalamnya. Berikut inilah beberapa tujuan utama diberlakukannya program ekstrakurikuler:

1. Pengembangan Keterampilan Non-Akademis

Pertama, dengan mengikuti ekstrakurikuler, setiap siswa bisa memperluas  pengetahuannya terhadap keterampilan-keterampilan penting dalam dunia kerja yang mungkin tidak akan diajarkan di dalam kelas, seperti berkomunikasi, kerjasama tim, kepemimpinan, pemecahan masalah, dan kreativitas.

2. Peningkatan Kualitas Pendidikan

Program ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan siswa secara keseluruhan dengan memberikan pengalaman belajar yang lebih kaya dan beragam.

Melalui kegiatan-kegiatan di luar jam belajar mengajar, siswa bisa menerapkan semua pengetahuan yang diperolehnya di kelas secara nyata untuk memperkuat pemahamannya secara  praktik.

3. Pembentukan Karakter dan Etika

Mengikuti ekstrakurikuler akan mengajarkan siswa tentang nilai-nilai krusial yang perlu dipelajari, salah satunya adalah disiplin, tanggung jawab, kejujuran, kerja keras, dan rasa hormat. 

Tak hanya itu, mereka juga mampu mengembangkan etika dan moral dengan kuat sehingga lebih mudah untuk mengambil keputusan yang baik di masa depan.

4. Peningkatan Kesejahteraan Emosional dan Sosial

Selanjutnya, kegiatan ekstrakurikuler akan memberikan kesempatan  berinteraksi dengan teman seumuran dengan peminatan yang sama. Tak hanya meningkatkan rasa percaya diri, siswa juga akan mengembangkan rasa kerjasama dan empati selama berpartisipasi di dalamnya.

5. Pengenalan Minat dan Bakat

Kelima, program ekstrakurikuler membuka kesempatan supaya setiap siswa dibebaskan untuk mengeksplorasi berbagai bidang dan menemukan minat serta bakat mereka. Dengan ini, mereka akan lebih mudah menentukan jalur karir idaman yang sesuai dengan passion mereka nantinya.

6. Persiapan Karir dan Masa Depan

Ada beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang memberikan pengalaman yang relevan dengan dunia kerja, misalnya seperti klub debat, kewirausahaan, atau program magang. Ini akan memudahkan mereka dalam mempersiapkan diri ketika hendak memasuki dunia kerja.

7. Peningkatan Keterlibatan dan Motivasi Siswa

Dengan program ekstrakurikuler, setiap siswa dapat terlibat dalam kegiatan di luar jam sekolah dan meningkatkan motivasi mereka untuk terus belajar. Kegiatan-kegiatan ini akan membuka kesempatan bagi mereka dalam mengekspresikan diri, mengembangkan minat, dan mencapai prestasi di luar bidang akademik.

8. Keseimbangan Hidup Siswa

Terakhir, hadirnya kegiatan ekstrakurikuler akan membantu siswa dalam menyeimbangkan kegiatan akademik dengan non-akademik. Dengan ini, setiap siswa mendapatkan kesempatan yang sama untuk bersantai, bersenang-senang, dan melepaskan stres dari tuntutan akademik.

Baca juga: Kegiatan Ekstrakurikuler Robotik: Melatih Motorik, Kreativitas dan Kecerdasan Siswa

Fungsi Kegiatan Ekstrakurikuler

Selain tujuan-tujuan di atas, kegiatan ekstrakurikuler juga memiliki beberapa fungsi penting dalam pendidikan siswa. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Fungsi Sosial

Adanya kegiatan ekstrakurikuler memberikan setiap siswa kesempatan untuk berinteraksi dengan teman dari berbagai latar belakang, namun dengan minat yang sama.

Fungsi sosial dari kegiatan ini antara lain adalah mengembangkan keterampilan sosial, membangun jaringan pertemanan, hingga belajar menghargai perbedaan dengan sesama teman.

Fungsi Rekreatif

Lalu ada juga fungsi rekreatif. Maksudnya, kegiatan ekstrakurikuler dapat memberikan kesempatan bagi mereka untuk bersenang-senang, melepaskan stress, dan menyegarkan pikiran.

Hal ini tentu menjadi poin yang penting untuk menjaga keseimbangan hidup dan meningkatkan kualitas hidup mereka secara keseluruhan.

Fungsi Persiapan Karir

Beberapa kegiatan ekstrakurikuler akan memberikan siswa sedikit pengalaman dan keterampilan relevan yang dibutuhkan di dunia kerja. Ini akan memudahkan mereka untuk dapat beradaptasi di lingkungan yang lebih luas setelah lulus sekolah.

Tingkatkan Potensi dengan Program Ekstrakurikuler di Global Prestasi School

Secara kesimpulan, adanya program ekstrakurikuler berperan penting untuk membangun generasi-generasi baru yang cerdas secara akademik dan sosial. Dengan berbagai kegiatan yang tersedia, seluruh siswa diharapkan bisa mengembangkan potensi yang dimilikinya dengan menyeluruh.

Jika buah hati Anda sedang dalam masa-masa transisi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, ajaklah mereka untuk bergabung dengan Global Prestasi School. Kami menghadirkan pendidikan yang berkualitas, dimulai dari kelas PAUD, Sekolah Dasar, hingga SMA.

Ketika bergabung bersama kami, setiap anak akan berkesempatan untuk mengikuti proses pembelajaran aktif dan evaluasi berkelanjutan. Hal ini akan mendukung supaya mereka bisa unggul dalam kemampuan akademik ataupun non akademik.

Jika ingin menanyakan lebih lanjut terkait pendaftaran Global Prestasi School, hubungi kami melalui tautan berikut ini.

Tunggu apalagi? Bergabunglah dengan Global Prestasi School untuk mngembangkan potensi terbaik anak melalui program ekstrakurikuler yang berkualitas!

Berita & Acara Terbaru
img-5
PAUD
Belajar adalah Petualangan yang Segar
01 October 2024

Global Prestasi Montessori School menyelenggarakan “Fruitopia,” serangkaian acara bertema buah-buahan untuk merayakan akhir semester pertama. 

img-6
SMA
FORTALS 2024: DULCERO
01 October 2024

Sama seperti jargonnya, ‘the candied crescendos’, FORTALS 2024: Dulcero memberikan begitu banyak kenangan dan hadiah manis bagi saya. Seperti yang kita ketahui, FORTALS adalah Festival of Arts of Global Prestasi School, merupakan pentas seni tahunan yang diselenggarakan oleh SMA Global Prestasi dengan tema-tema yang menarik, dan menghadirkan musisi-musisi ternama di Indonesia. Tahun ini, saya beserta teman-teman panitia merasa senang sekali mendapat kepercayaan untuk melanjutkan tradisi ini, yang sudah ke-14 tahun.

img-7
Remaja Generasi Z: Mengenal Gen Z dan Karakteristik yang Khas
26 August 2024

Kenali karakteristik khas generasi Z (Gen Z) rentang lahir tahun 1997-2012. Pelajari lebih dalam tentang perbedaan dan keunikan mereka dalam artikel ini.

img-14
Please Flip Your Phone To Continue
img-15
Tour 360
img-16
Tour 360
img-17
Enrollment
img-18
E-Library